5 Langkah Mempertahankan Identitas Merek

Sebuah brand atau merek menjadi sangat penting bagi perusahaan bisnis. Hal ini dapat memperlancar usaha Anda karena konsistensi dari merek bisnis yang Anda miliki. Namun, tidak mudah membuat sebuah brand menjadi konsisten. Terlebih, bagi Anda yang baru saja memulai sebuah usaha.
Ada beberapa langkah yang mampu membantu Anda mempertahankan konsistensi merek. Berikut seperti dilansir dalam laman Entrepreneur.

1. Memahami pentingnya konsistensi merek

Akan menjadi sulit bagi seseorang untuk melakukan sesuatu yang tidak dipahami. Hal ini termasuk memahami betapa pentingnya sebuah konsistensi dalam merek produk Anda. Sebuah merek yang konsisten penting karena akan terlihat profesional dari pesaing lain, menetapkan keaslian, memberikan kejelasan, membangun kepercayaan konsumen, dan membantu karyawan untuk selaras dengan tujuan perusahaan. Sebuah merek bukan hanya tentang bagaimana logo perusahaan terlihat. Namun, ini adalah tentang siapa dan mengapa mereka berada dalam bisnis tersebut, jadi pastikan untuk mendokumentasikan nilai-nilai dan pedoman dalam merek Anda.

2. Buat panduan merek

Setelah memahami nilai merek yang konsisten, Anda akan melihat betapa pentingnya panduan merek dalam bisnis. Setiap bisnis, besar dan kecil, harus memiliki panduan merek lengkap yang terkait dengan misi merek, nilai proposisi, penggunaan logo, ikonografi, warna merek, font dan tipografi, spesifikasi, format media, dan grafis. Saat Anda memiliki buku pegangan, ini akan membantu menjaga seluruh bisnis Anda pada arah yang sama.

3. Edarkan panduan merek

Panduan brand atau merek harus tersedia untuk semua departemen termasuk tim marketing, tim produksi, konsultan dan freelancer, serta mitra potensial. Hal ini penting agar mereka juga dapat mengidentifikasi nilai-nilai organisasi. Panduan merek berfungsi sebagai sumber daya berharga bagi seluruh lapisan organisasi dan bahkan beberapa orang di luar organisasi.

4. Audit dan perbarui merek

Setelah Anda menetapkan pedoman merek yang jelas dan konsisten, Anda perlu audit dan memperbarui semua bahan yang ada untuk memastikan bahwa seluruh hal yang memberikan informasi mengenai perusahaan Anda cocok dengan panduan tersebut.
Update sumber pemasaran seperti halaman web, profil media sosial, brosur, kartu nama, slide presentasi, video, dan sebagainya. Anda juga perlu melakukan dekorasi sesuai merek usaha Anda seperti dekorasi toko, kemasan dan label, serta seragam karyawan.

5. Buat rencana untuk masa depan

Setelah Anda menjalankan langkah-langkah satu sampai empat, pekerjaan Anda akan menjadi lebih sulit dari itu, yakni memastikan di masa mendatang identitas merek usaha Anda tidak bergeser. Tanpa rencana untuk melakukan konsistensi di masa depan, Anda menempatkan diri pada risiko untuk jatuh kembali ke cara lama Anda dan kehilangan identitas. Oleh sebab itu, perlu dilakukan jadwal update tahunan untuk rencana tersebut. Menjaga merek yang konsisten adalah penting, tetapi itu tidak berarti Anda tidak harus berkembang dari waktu ke waktu. Jadwalkan waktu untuk meninjau dan memperbarui strategi merek Anda. Memeriksa dan memastikan bahwa Anda seirama dengan panduan merek Anda akan memberikan kejelasan bagi pelanggan, klien, karyawan, mitra potensial, dan tim eksekutif. Jadi, jangan menunda lima langkah sederhana ini.

 Sumber : goo.gl/ax9K2X

Demikian Artikel “5 Langkah Mempertahankan Identitas Merek”, semoga menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi kita semua.

*“PENGACARA MUSLIM”*

SOLUSI ISLAMI

Head Office:

Jl. Jenderal Gatot Subroto No. 46 A Garuntang, Teluk Betung Selatan,Bandar Lampung

Telp: (0721) 476113 Fax: (0721) 476113,704471,787806

Branch Office:

Jl. Monjali (Nyi Tjondroloekito) No 251, Sinduadi, Mlati, Sleman, Yogyakarta

Telp : (0274) 6411320 Fax : (0274) 6411322

PH/WA : 087838902766 Bbm : 5439F39

Email : lawoffice251@gmail.com

Website: www.pengacaramuslim.com

Twitter : @pengacaramuslim